Rabu, 22 Mei 2013

Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia


Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia - Susah tidur atau insomnia dapat terjadi pada siapa saja, menurut pengalaman yang saya alami susah tidur ini disebabkan karena kebiasaan bergadang yang akan membuat kita kesulitan jika ingin tidur lebih awal. Namun selain faktor tersebut ada banyak faktor lainnya yang bisa kalian cari. Nah saya akan membagikan sedikit tips tentang bagaimana cara mengatasi susah tidur atau insomnia ini, berikut adalah tips-tips nya:
insomnia

- Melakukan olahraga secara teratur
Biasakan untuk melakukan olahraga secara teratur. Peneliti menyebutkan bahwa dengan berolahraga dapat mengatasi gangguan sulit tidur ini. Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari bukan pada saat akan tidur.

- Berhenti makan 2 jam sebelum tidur
Sebaiknya kita sudah tidak makan 2 jam sebelum tidur, jika bisa, minumlah segelas susu hangat agar tubuh menjadi relaks dan mudah terhanyut untuk tidur. Perut yang kekenyangan akan membuat kita susah tidur, bahkan bisa membuat kita sesak ketika akan tidur. Jangan juga meminum cairan yang bersifat stimulan seperti teh dan kopi.
- Kosongkan pikiran
Ketika mau tidur, kosongkan pikiran kalian, coba bayangkan hal lain yang menyenangkan, bayangkan impian indah kalian. Hal ini akan membantu. Tapi jangan berpikir yang berat-berat, takutnya malah menjadi beban dan malah menyulitkan kalian untuk tidur.
- Matikan lampu dan jauhkan semua benda yang dapat menggangu
Biasakanlah tidur dengan lampu yang dimatikan, karena suasana akan menjadi lebih nyaman untuk tidur. Jauhkan benda yang berbunyi, jauhkan pula jam dari jangkauan pandangan kamu. Jika ada jam, kamu akan terus melihat jam dan semakin memikirkan. Waktu singkatmu untuk tidur, dan akhirnya akan membuat kamu semakin sulit untuk tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar