Rabu, 29 Mei 2013

MAKANAN TERBAIK UNTUK DETOKSIFIKASI


SEARAH JARUM JAM: ketela rambat Tiongkok, buncis, oat, jelai atau barley. (SECRET CHINA.COM, FLICKR, WIKIPEDIA)
SEARAH JARUM JAM: ketela rambat Tiongkok, buncis, oat, jelai atau barley. (SECRET CHINA.COM, FLICKR, WIKIPEDIA)
Cara terbaik detoksifikasi (mengeluarkan racun dari dalam tubuh)  sehat melalui makanan.
1. Ketela rambat atau ubi jalar
Ketela rambat atau ubi jalar mengandung serat yang mudah dicerna sehingga memudahkan gerakan usus. Cara terbaik mengonsumsinya yakni dengan memanggang atau membakarnya dan dikonsumsi tanpa dikupas. Rasanya pasti sangat lezat dan menyegarkan.
2. Buncis
Buncis dapat menghilangkan racun, merangsangdiuresis (menambah volume urine yang keluar) dan meredam rasa haus. Sup buncis juga dapat mengurangi pembengkakan. Jangan memasaknya terlalu lama jika tidak, efeknya akan berkurang karena nutrisi akan terurai.
3. Oat (sejenis gandum)
Oat dapat mengurangi ketegangan usus, merangsang gerakan usus dan mengeluarkan racun yang membandel. Akan bagus jika mengukus oat terlebih dahulu kemudian membuat jus dari hasil kukusannya. Anda juga dapat menambahkan bahan lain ke dalam jus seperti apel atau kismis, yang juga bergizi dan memperlancar buang air besar.
4. Jelai atau barley
Jelai dapat meningkatkan sirkulasi darah, merangsang diuresis dan mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh edema (kelebihan cairan yang terkumpul dalam rongga atau jaringan dalam tubuh). Jelai sangat bagus untuk detoksifikasi (mengeluarkan racun dari dalam tubuh). Anda dapat merebus jelai dan menambahkan sedikit gula dan mengoleskannya pada kulit untuk memutihkan kulit secara alami.

KIRI KE KANAN: millet, beras pecah utuh, kacang merah, wortel. (SECRET CHINA.COM, FLICKR, WIKIPEDIA)
5. Millet
Millet tidak mengandung zat perekat, sehingga tidak mengganggu saluran pencernaan. Dia ber-tekstur lembut dan mudah dicerna, yang membuatnya cocok untuk dikonsumsi bersama makanan detoksifikasi lainnya. Bubur millet sangat bagus untuk detoksifikasi dan merangsang diuresis. Dia juga bergizi dan bagus untuk memutihkan kulit.
6. Beras pecah utuh
Brown rice atau beras pecah utuh adalah beras yang tidak melalui proses penggilingan dan kaya serat. Ia dapat menyerap air dan lemak sehingga memberikan perasaan kenyang. Ia juga dapat menstabilkan sistem pencernaan. Cara yang baik untuk detoksifikasi yakni dengan mengonsumsi semangkuk bubur brown rice atau secangkir susu brown rice kedelai setiap pagi.
7. Kacang Merah
Kacang merah dapat merangsang gerakan usus, membantu meredakan sembelit dan memperlancar saluran kencing. Anda dapat merebus kacang merah dengan kompor listrik selama beberapa saat sebelum tidur. Kemudian minum air rebusannya keesokan harinya. Ini sangat baik untuk detoksifikasi.
8. Wortel
Wortel membantu mengobati sembelit dan kaya ß-karoten, yang dapat menetralisir racun. Fungsi wortel segar lebih bagus, karena dapat membersihkan racun, menenangkan pencernaan dan menenangkan pencernaan usus. Anda dapat membuat jus wortel dan ditambahkan madu dan jus lemon, yang memuaskan rasa haus dan baik untuk detoksifikasi.
9. Ubi Rambat Tiongkok
Ubi rambat Tiongkok dapat memperbaiki sistem pencernaan, mengurangi akumulasi lemak subkutan (di bawah kulit), dan membantu sistem kekebalan tubuh. Akan sangat bagus jika disajikan saat mentah. Bisa juga dibuat sebagai minuman sari buah bersama nanas. Kupas dan potong kecil-kecil ubi rambat Tiongkok dan nanas lantas ambil sari buahnya. Sari buah ini bagus untuk meningkatkan pencernaan dan mengatur pencernaan.

KIRI KE KANAN: burdock, asparagus, bawang, akar lotus. (SECRET CHINA.COM, FLICKR, WIKIPEDIA)
10. Burdock
Burdock dapat meningkatkan sirkulasi dan metabolisme darah dan mengatur fungsi usus. Serat yang dikandungnya dapat melembutkan kotoran, yang bagus untuk detoksifikasi dan menangani sembelit. Anda dapat membuat teh dari burdock dan meminumnya setiap saat. Burdock aman digunakan dalam jangka panjang.
11. Asparagus
Asparagus mengandung berbagai nutrisi, termasuk asparagin (salah satu jenis asam amino) dan kalium yang dapat menambah diuresis untuk menghentikan kelebihan muatan air dalam tubuh. Ujung asparagus kaya vitamin A. Akan lebih bagus jika membiarkan ujungnya sedikit di atas air saat memasak sehingga nutrisi tetap terjaga.
12. Bawang
Bawang dapat merangsang pergerakan usus dan meningkatkan fungsi pencernaan. Mereka juga kaya belerang dan bila dikombinasikan dengan protein akan bagus untuk detoksifikasi hati. Rebus satu panci sup sayur yang berbahan bawang, tambahkan beberapa sayuran tinggi serat seperti brokoli, wortel, dan seledri. Sup dapat memecah akumulasi racun dan membantu buang air besar.
13. Akar lotus
Akar lotus dapat memurnikan darah dan bertindak sebagai diuretik. Akar lotus dapat disajikan saat panas maupun dingin. Anda dapat membuat jus berbahan dasar akar lotus kemudian tambahkan sedikit madu. Anda juga bisa memanaskannya dengan api kecil, lalu tambahkan sedikit gula. Minumlah saat masih hangat.

KIRI KE KANAN: lobak, krisan, daun ketela rambat, daun lobak. (SECRET CHINA.COM, FLICKR, WIKIPEDIA)
14. Lobak
Lobak sangat bagus untuk meningkatkan diuresis. Serat yang dikandungnya juga dapat mengendurkan pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Dia bagus untuk detoksifikasi ketika disajikan dalam kondisi mentah. Anda dapat membuat jus atau acar darinya.
15. Krisan
Krisan kaya vitamin A yang melindungi hati dan membantu menghentikan racun dari tubuh. Dia bagus dibuat jus bersama dengan tomat, wortel, apel jeruk, dan kacang-kacangan.
16. Daun ubi jalar atau ketela rambat
Daun ubi jalar atau ketela rambat tidak pahit dan memberikan perasaan kenyang. Mereka juga dapat merangsang gerakan usus dan mencegah sembelit. Cuci daun ubi jalar segar dan masak dalam air mendidih. Ketika sudah matang aduk dengan bawang putih cincang dan sedikit garam dan minyak. Rasanya lezat dan menyegarkan.
17. Daun lobak
Daun lobak mengandung vitamin dan serat. Daun lobak dapat merangsang nafsu makan dan membantu sembelit. Bersihkan dan keringkan, kemudian buatlah jus dengan menambahkan sedikit madu. Asupan yang teratur bagus untuk detoksifikasi dan perawatan kesehatan.
18. Sichuan Aescin
Escin Sichuan dapat mengurangi gula darah dan mengobati kebiasaan sembelit. Buatlah jus dari escin Sichuan, tomat, kecambah alfalfa, paprika kuning, kiwi, kacang-kacangan, dan sedikit jus markisa atau cuka sari apel.
19. Yogurt
Yoghurt sangat kaya asam laktat yang dapat membantu sembelit dan menstabilkan perut. Dia dapat menghentikan kumpulan racun dalam saluran usus. Baik susu yogurt atau salad yogurt pilihan yang bagus. Akan lebih baik mengonsumsinya sebelum sarapan, saat perut kosong. Yogurt juga dapat memberikan rasa kenyang.
20. Cuka
Cuka baik untuk metabolisme dan pembuangan substansi asam dari dalam tubuh. Dia juga dapat meningkatkan  diuresis dan mengendurkan perut. Minum larutan cuka setelah sarapan dan makan malam setiap hari. Bagus untuk kesehatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar